Guru Aktivitasmu Menjadi Panutan
GURU
SANG PENUNTUN PEMBELAJARAN
DI SMK NEGERI 2 PANGKALPINANG
(Pengalaman yang berkesan
selama mengajar di SMK Negeri 2 Pangkalping)
Guru sang penuntun pembelajaran mengambarkan bahwa guru adalah penuntun
pembelajaran, penuntun proses pembelajaran dan menuntun untuk menemukan apa
yang ingin diperoleh peserta didik. Mengajar di SMK Negeri 2 Pangkalpinang
berawal dari riwayat mengajar penulis dalam menemukan kapal yang tepat atau
sekolah yang tepat untuk melakukan proses belajar mengajar. Berikut ini riwayat
Pengalaman mengajar penulis.
No |
Nama
Instansi |
Periode
(Tahun) |
Jabatan |
1. |
SMK Muhammadiyah 1 Pangkalan Balai |
2001
– 2004 |
Guru |
2. |
SMA Al-Mashri Pangkalan Balai |
2003
– 2004 |
Guru |
3. |
SMA Sanudin Pangkalan Balai |
2003
– 2004 |
Guru |
4. |
Second Water and Sanitation for
Low Income Communities (WSLIC-2) |
2005
– 2007 |
CF Pemberdayaan / Fasilitator |
5. |
SMK Negeri 2 Pangkalpinang |
2008
– Sekarang |
Guru |
6. |
SMK Bakti Pangkalpinang |
2008
– 2009 |
Guru |
7. |
UBB |
2008
– 2009 |
Dosen |
8. |
UPBJJ – UT |
2013
– 2020 |
Tutor |
9. |
PDD AKN POLSRI Pangkalpinang |
2014
– 2017 |
Dosen |
10. |
SMP Negeri 5 Pangkalpinang |
2014
– 2015 |
Guru |
Menjadi guru adalah pilihan jiwaku, Semua
terlihat dari data diatas walaupun pada tahun 2005 Desember 2007 sempat bekerja
sebagai falilitator/CF Pemberdayaan pada WSLIC-2. Bekerja di WSLIC-2 tidak jauh
berbeda dengan pekerjaan seorang guru yaitu melakukan fasilitasi.
Setelah proses yang panjang selama 20 tahun dari 2001 s.d 2021
menjadi guru adalah pilihan akhir penulis dan penulis memutuskan untuk hanya
mengajar di SMK Negeri 2 Pangkalpinang. Ini pilihan yang sudah menjadi taqdir
dan keinginan penulis.
Pengalaman mengajar di SMK Negeri 2 Pangkalpinang di mulai setelah
penulis melakukan risen dari pekerjaan penulis di WSLIC-2 pada Desember 2007.
Lokasi kerja WSLIC-2 adalah Kabupaten Banyuasin di Sumatera Selatan. Setelah menyelesaikan
pekerjaan di akhir bulan desember 2007 dan memasuki tahun baru 2008 penulis
memutuskan untuk menjadi guru kembali dengan melakukan perjalan jauh ke Provinsi
Kepulauan Bangka Belitung pada tanggal 08 Januari 2008 untuk menemani istri dan
anak pertama. Istri pada tahun 2006 sudah menjadi ASN guru di SMP Negeri 2
Pangkalpinang, sehingga sangat tepat penulis memutuskan untuk menjadi guru
diwilayah yang sama dengan istri. Maka dari itu penulis memasukkan surat
lamaran di SMK Negeri 2 Pangkalpinang pada tanggal 10 Januari 2008 dan syukur
alhamdulillah saya langsung diterima menjadi guru honor di SMK Negeri 2
Pangkalpinang dan penulis langsung diperkenalkan kepala sekolah ke rekan-rekan
guru lain di SMK Negeri 2 Pangkalpinang pada rapat tahun pelajaran baru.
Pengalaman menjadi guru setelah vakum 3 tahun dari dunia pendidikan penulis
merasakan sedikit canggung, ada rasa ketidakpedean pada diri penulis pada
awal-awal pembelajaran. Setelah satu bulan perjalanan menjadi guru penulis sedikit
kaget dengan honor yang penulis dapat. Semua rasa penulis dapatkan terasa
bercampur aduk antara rasa kekecewaan dan kekhawatiran. Honor yang penulis dapatkan
masih dibawah 8% dari honor penulis pada saat di perusahan WSLIC-2. Namun istri
penulis mengerti dan paham akan kondisi ini, kemudian penulis bertekat untuk
terus belajar meningkatkan kembali ilmu pedogogik dan professional penulis agar
dapat lulus tes CPNS tahun 2008 dan alhamdulillah pada pengumuman tes CPNS pada
bulan desember 2008 saya dinyatakan lulus dan di tempatkan atau ditugaskan di
SMK Negeri 2 Pangkalpinang pada tanggal 01 Maret 2009.
Untuk sekarang semua terasa istimewa menjadi
guru di SMK Negeri 2 Pangkalpinang banyak ilmu dan pengalaman berharga yang
didapat. Ditulisan ini penulis akan mencoba mencerita pengalaman yang berkesan
selama menjadi guru di SMK Negeri 2 Pangkalpinang. Pengalaman yang berkesan
selama menjadi guru di SMK Negeri 2 Pangkalpinang akan penulisan uraian pada
poin sebagai berikut;
1.
Proses Belajar
Pengalaman penulis yang paling berkesan selama menjadi guru di SMK
Negeri 2 Pangkalpinang adalah penulis mengalami proses belajar. Banyak hal yang
sebelumnya saya tidak tahu menjadi tahu, sebelumnya tidak mengerti menjadi
mengerti. Semua guru yang saya dapati mau berbagi baik itu ilmu pengetahuan
maupun pengalaman.
2.
Proses Mengajar
Proses
mengajar menjadi runititas yang sampai saat ini menjadi favorit penulis.
Mengajar memunculkan kesenangan tersendiri dan kepuasan tersendiri. Mumet
menjadi hilang, mengantuk menjadi hilang dengan mengajar, semua terasa indah
dengan berbagi. Mengajar di Sekolah yang besar seperti di SMK Negeri 2
Pangkalpinang yang memiliki peserta didik dalam jumlah besar sungguh sangat membanggakan
dan menyenangkan, sehingga peserta didik yang dihadapi sangat beragam dan
menjadi tantangan tersendiri dengan kondisi tersebut. Selain peserta didik yang
beragam, minat belajar peserta didik di SMK Negeri 2 Pangkalpinang lebih banyak
penekananya pada pembelajaran kejuruan sehingga terkadang ada kesan pada diri peserta
didik lebih mengutamakan pada pembelajaran produktif dibandingakan pada
pembelajaran matematika yang penulis ajarkan dan ini menjadi tantangan
tersendiri bagi penulis untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan.
3.
Proses Kolaborasi
SMK
Negeri 2 Pangkalpinang merupakan sekolah dengan segudang prestasi. Prestasi
yang diperoleh tidak akan tercapai tanpa adanya kerjasama antar guru dalam
berkolaborasi untuk menciptakan atau mewujudkan yang terbaik buat peserta didik
dan sekolah. Semua proses kolaborasi ini saya rasakan sudah sangat baik terjadi
di SMK Negeri 2 Pangkalpinang baik dari jajaran atasan, guru dan peserta didik.
Semua melakukan kolaborasi untuk menciptakan hal yang terbaik.
4.
Proses kedisiplinan
Disiplin
merupakan bagian yang sangat penting untuk sebuah kesuksesan seseorang atau
sebuah lembaga. SMK Negeri 2 Pangkalpinang merupakan sebuah sekolah dengan
tingkat kedisiplinan yang sangat tinggi bila dilihat atau dibandingkan dengan
sekolah di Kepulauan Bangka Belitung. Ini saya dapatkan ketika penulis bertukar
cerita atau sharing dengan
rekan-rekan guru dari sekolah lain di Kepulauan Bangka Belitung. Bertukar
cerita ini penulis lakukan ketika ada kegiatan pelatihan antar provinsi.
5.
Proses di luar Sekolah
Proses
diluar sekolah merupakan hal yang menarik untuk sebuah lembaga dan sebagai
masyarakat sosial. Dengan jumlah peserta didik yang luar biasa banyak kesan
yang membuat saya haru dan banyak bersyukur berada di lembaga SMK Negeri 2
Pangkalpinang. Dari peserta didik Penulis pernah mengalami mogok kendaraan
bermotor dan penulis mendapi ada anak yang membantu penulis dalam mendorong
kendaraan penulis dan penulis diminta untuk mengendarai motor anak tersebut.
Banyak cerita yang penulis alami dengan peserta didik SMK Negeri 2
Pangkalpinang baik sebagai alumi dan masih sebagai pelajar. Dari segi guru
banyak sekali hal yang berkesan dari rekan-rekan guru yang tak dapat penulis
tuliskan satu persatu, Semoga kedepanya proses kegiatan di luar sekolah dapat
ditingkatkan.
6.
Proses Perubahan
Setiap
kehidupan akan terus berproses begitu juga dengan dunia pendidikan. Pendidikan
apabila tidak melakukan proses perubahan akan mengalami ketinggalan zaman.
Penulis terus melakukan proses belajar dan mengajar, penulis juga mengikuti
proses perubahan yang terjadi dimulai dari menjadi Instruktur Nasional pada
perubahan kurikulum KTSP 2006 menjadi kurikulum 2013. Begitu juga dengan perubahan
SMK Negeri 2 Pangkalpinang pada tahun pelajaran 2021/2022 yang melakukan
perubahan dengan menerapkan kurikulum baru dengan kurikulum Paradigma Baru atau
menjadi Sekolah Pusat Keunggulan penulis juga ikut ambil bagian pada perubahan
tersebut.
7.
Proses Menuntun
Kesan pengalaman penulis yang berkesan adalah penulis memahami diri ini sebagai penuntun atau sebagai tenaga yang dibutuhkan peserta didik untuk menuntun mereka sampai pada jenjang yang sudah ditetapkan sebelumnya yaitu menyelesaikan Pendidikan Menengah Kejuan di SMK Negeri 2 Pangkalpinang. Harapan penuntun adalah setiap anak mampu untuk berdaya dan berkehendak atas dirinya sendiri dan nantinya mereka bisa menjadi bagian dari masyarakat yang baik.
Mantap. Tahap demi tahap dilalui hingga sukses seperti sekarang ini.
BalasHapus