Berbagi praktik baik Pemanfaatan Portal rumah belajar dan Platform Merdeka Mengajar di SMP Negeri 5 Pangkalpinang

Berbagi praktik baik Pemanfaatan Portal rumah belajar dan Platform Merdeka Mengajar di SMP Negeri 5 Pangkalpinang


Berbagi praktik baik di SMP Negeri 5 Pangkalpinang bersama guru-guru SMP Negeri 5 Pangkalpinang adalah kegiatan berbagi baik yang sangat positif. Kegiatan berbagi baik dilaksanakan di ruang guru dan dihadiri oleh guru-guru di SMP Negeri 5 Pangkalpinang.

Kegiatan Berbagai Praktik Baik dimulai jam 09.10 sampai dengan 10.30 WIB dimana pihak sekolah memperkenalkan narasumber ke dewan guru SMP Negeri 5 Pangkalpinang.
dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh saya dimulai dengan memperkenalkan Materi Platform Merdeka Mengajar https://guru.kemdikbud.go.id/
Pemaparan materi platform merdeka mengajar dipaparkan melalui power poin dengan menjelaskan latar belakang platform merdeka mengajar, apa itu platform merdeka mengajar?, Pengguna dan akses merdeka mengajar, apa itu akun pembelajaran, mengenal produk platform merdeka mengajar sampai pada fungsi dan manfaat perangkat ajar.

Setelah pemaparan materi saya anggap cukup saya coba melanjutkan ke penggunaan aplikasi platform merdeka mengajar di platform merdeka mengajar. Pada sesi ini penekanan yang saya lakukan adalah bagaimana guru memahami apa saja syarat upload bukti karya, cara upload bukti karya dan penekanan kedua pada pelatihan mandiri di platform merdeka mengajar sampai di budaya positif 5 posisi kontrol guru yaitu posisi kontrol manejer.
Karena penyampaian materi pemanfaatan platform merdeka mengajar saya anggap selesai. Maka saya melanjutkan dengan menyampaikan Portal Rumah Belajar https://belajar.kemdikbud.go.id/
Pemaparan dimulai dengan menjelaskan apa itu rumah belajar, apa bapak dan ibu guru sudah pernah login ke akun rumah belajar? Guru-guru SMP Negeri 5 serentak menjawab belum. Portal rumah belajar merupakan portal yang dibangun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk memfasilitasi ketersediaan konten bahan belajar yang dapat dimanfaatkan oleh guru, siswa, orangtua, maupun masyarakat umum, seperti bahan belajar interaktif yang dilengkapi dengan media pendukung seperti animasi, gambar, video dan simulasi. 

Penjelasan Portal Rumah Belajar dilakukan dengan menjelaskan konten pembelajaran yang dapat digunakan oleh bapak ibu guru SMP Negeri 5 Pangkalpinang.
Salah satu trik yang saya lakukan adalah memutar video pembelajaran untuk mendukung proses pembelajaran bapak ibu guru SMP Negeri 5 Pangkalpinang di kelas.

Semua penjelasan dianggap cukup saya membuka forum tanya jawab. Pertanyaan pertama ditanyakan oleh ibu Evi dengan pertanyaan apa keuntungan guru jika meng-upload video aksi nyata pada platform merdeka mengajar di Bukit Karya. Apakah dapat digunakan untuk pengembang karir seperti naik pangkat atau golongan?
Maka pertanyaan itu saya jawab keuntungan ibu adalah ibu berbagai inspirasi dan kebaikan kepada sesama guru di Indonesia. Mungkin dengan ibu meng-upload video di platform merdeka mengajar sehingga banyak dilihat oleh bapak ibu guru di Indonesia ditambah lagi video yang ibu upload ternyata sangat menginspirasi maka ibu sudah menginspirasi guru-guru di Indonesia, mengenai apakah bisa digunakan untuk kenaikan pangkat maka saya menjawab tidak bisa ibu.

Pertanyaan kedua ditanyakan oleh ibu Yanti, S.Ag. Beliau menanyakan tentang RPP berdiferensiasi, karena saya mengetahui apa itu pembelajaran berdiferensiasi dari program guru penggerak dimana saya berperan sebagai pengajar praktik Calon Guru Penggerak angkatan 4 kota Pangkalpinang maka saya dapat menjawab pertanyaan ini dengan baik berikut dengan indikator dan contoh RPP.

Berbagi praktik baik untuk guru-guru di SMP Negeri 5 Pangkalpinang diakhiri ucapan terima kasih kepada bapak ibu atas perhatian dan kerjasamanya. Dan tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada kepala SMP Negeri 5 Pangkalpinang atas izin beliau agar saya dapat berbagi praktik baik pemanfaatan platform merdeka mengajar dan protal rumah belajar.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keajaiban Tercipta

TANGGAL 31 JANUARI 2022 BATAS AKHIR AKTIVASI AKUN BELAJAR.ID

Cahaya Membuat Dunia ini Menjadi Indah