Bimtek Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar dan Portal Rumah Belajar di SD Negeri 15 Kota Pangkalpinang

Berbagi Pratik Baik Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar dan Portal Rumah Belajar di SD Negeri 15 Pangkalpinang

Kegiatan berbagi praktik baik di SD Negeri 15 Pangkalpinang dihadiri oleh 5 guru dan Kepala Sekolah SD Negeri 15 Pangkalpinang. Kegiatan ini berlangsung atas kolaborasi yang saya lakukan dengan Ibu Sukawati, S.Pd. SD yaitu kepala SD Negeri 15 Pangkalpinang. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 08.10 sampai dengan 09.40 WIB.
Dimana kepala sekolah memperkenalkan saya dengan guru-guru beserta maksud dan tujuan. Pelaksanaan kegiatan ini diadakan di ruang kepala sekolah, setelah sesi pengantar kepala sekolah selesai lanjut ke sesi saya, saya memulai kegiatan dengan mengenalkan diri lalu memberikan materi pemanfaatan platform merdeka mengajar. Penyampaian materi pemanfaatan platform merdeka mengajar di mulai dari menjelaskan latar belakang dari platform merdeka mengajar. 
Baru kegiatan saya selanjutnya mengisi materi dengan cara bimbingan teknis di karenakan peserta hanya 5 guru, maka kegiatan yang efektif adalah dengan cara pelatihan bimtek pemanfaatan platform merdeka mengajar.

Ketika kegiatan dimulai dengan bimtek saya mendapatkan hanya 2 guru yang telah mengaktifkan akun belajar.id dan bisa login di platform merdeka mengajar, sedangkan 3 guru lainnya belum bisa login. Saya tanyakan kenapa? satu orang guru menjawab akun belajar.id saya pernah diaktifkan tapi sekarang tidak dapat login kenapa pak? Setelah di cek dengan password akun belajar.id tidak bisa masuk ke akun karena password akun telah diganti sebelumnya dan password yang diganti lupa, maka saya menyarankan untuk cek password ke operator dapodik. Masalah dua guru yang tidak bisa login berikutnya di platform merdeka mengajar adalah karena belum punya akun belajar.id karena kedua guru tersebut adalah guru honor baru, baru berapa tahun?(jawab mereka 2 tahun pak).

Ada dua guru dapat login pada platform merdeka mengajar dan ada tiga guru yang tidak dapat login di akun belajar.id. Maka saya menyarankan agar mereka dapat berkolaborasi. Dari dua guru yang dapat login pada platform merdeka mengajar,  ada 1 guru yang bersedia meminjamkan akun belajar.id ke-tiga rekan guru lain sehingga mereka dapat login pada platform merdeka mengajar.

Setelah semua dapat login pada platform merdeka mengajar maka selanjutnya saya menjelaskan satu persatu pemanfaatan platform merdeka mengajar mulai dari Asesmen Murid, Perangkat Ajar, Pelatihan Mandiri, Komunitas, Video Inspirasi dan Bukti Karya.
Khusus pada pelatihan mandiri saya meminta mereka menyelesaikan satu topik yaitu materi mengenali diri dan perannya sebagai pendidik sampai pada kegiatan refleksi.
Diraskan semua terasa cukup maka pengenalan pemanfaatan platform merdeka mengajar saya anggap cukup dan saya lanjutkan pada Pemanfaatan Portal Rumah Belajar.

Pada materi pemanfaatan Portal Rumah Belajar saya lakukan dengan menjelaskan terlebih dahulu apa itu rumah belajar dan apa manfaat nya buat guru baru lanjut kembali ke bimbingan teknis.
Bimbingan teknis sampai pada login dan pemanfaatan konten yang ada di dalam Portal Rumah Belajar.
ketika kegiatan saya anggap cukup, maka kegiatan berbagi praktik baik pemanfaatan platform merdeka mengajar dan portal rumah belajar kami tutup dengan kegiatan foto bersama.
Saya mengucapkan terima kasih atas kolaborasi guru SD Negeri 15 Pangkalpinang dan Ucapan terima kasih terkhusus kepada Kepala SD Negeri 15 Pangkalpinang yang telah memberikan izin agar saya dapat berbagi praktik baik pemanfaatan platform merdeka mengajar dan portal rumah belajar.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keajaiban Tercipta

TANGGAL 31 JANUARI 2022 BATAS AKHIR AKTIVASI AKUN BELAJAR.ID

Cahaya Membuat Dunia ini Menjadi Indah